Header Ads

Perkembangan Motorik Anak di usia 1 Tahun

motorik anak
Perkembangan fisik di setiap tahapan usianya memang menjadi salah satu perhatian bagi orang tua, apakah anak tersebut berkembang dengan bak atau tidak, apakah mengalami kemajuan dari usianya atau tidak, kalau ada masalah maka segera konsultasikan dengan dokter, kemungkinan ada gangguan secara psikis. 

Di usia satu tahun, anak akan tumbuh dan berkembang secara signifikan, mulai dari perkembangan motorik kasar, mtorik halus, kemampuan dalam bicara dan bahasa, serta intervensi stimulasi lainnya yang bisa bunda perhatikan dari bulan ke bulan. Perkembangan Motorik Anak adalah salah satu perkembangan yang harus diperhatikan dengan baik, karena kalau di usianya tersebut masih ada keterlambatan dalam perkembangannya, bisa jadi ada gangguan.

Perkembangan Motorik Anak di usia 1 tahun yang idealnya terjadi pada anak adalah perkembangan motorik kasar usia 1 sampai 2 tahun biasanya dapat berdiri dan berjalan selama 30 detik atau juga berpegangan tangan pada meja, kursi untuk berjalan. Selain itu juga, si anak dapat mengangkat badannya ke posisi berdiri, dapat berjalan dengan dituntun, mengulurkan tangan atau badannya untuk meraih benda yang ia inginkan. 
motorik anak
Untuk perkembangan motorik halus anak usia 1 sampai 2 tahun, dapat menggenggam erat benda yang di peganggya, dan juga dapat memasukan makanan atau benda ke mulut. Dari kemampuan bahasanya, anak usia 1 sampai 2 tahun ini sudah mulai bisa berbicara meskipun belum jelas, seperti mengulang ataupun meniru bunyi yang di dengarnya.

Menyebutkan beberapa suku kata yang sama, memiliki rasa ingin tahu, ingin menyentuh apa saja yang adad i dekatnya, mengenal anggota tubuh, senang diajak bercanda atau bermain, bereaksi terhadap bunyi atau suara yang dibisikan secara perlahan.

Dalam mendukung perkembangan anak di usianya tersebut, apalagi dalam perkembangan Motorik Anak di usia 1 sampai 2 tahun adalah masa yang paling indah untuk disaksikan bunda, karena banyak sekali perubahan yang akan terjadi pada si keci, untuk itu dukung pertumbuhannya dengan memberikan susu Dancow setiap hari aar tumbuh kembang anak terjaga dan perkembangan otaknya pun semakin cerdas.

No comments

Powered by Blogger.