Header Ads

Kue Geti, Makanan Tradisional Yang Bikin Ketagihan

Kue Geti, Makanan Tradisional Yang Bikin Ketagihan
Makanan Tradisional
Ada lagi satu makanan tradisional Khas Jawa Timur yang perlu Anda coba, namanya adalah Kue Geti. Kue ini adalah salah satu jajanan yang berasal dari Tulungagung yang terbuat dari wijen atau kacang tanah. Dicampur dengan rebusan gula merah dan dicetak bentuk kotak-kotak. Kue ini paling pas jika di santap sebagai teman minum teh atau kopi, bisa juga dijadikan sala satu pilihan untuk hidangan di hari-hari tertentu, misalnya dijadikan sebagai kue lebaran.

Gulaku Tebu Kuning bisa menjadi tambahan pemanis yang cocok, meskipun sudah ada gula merah dalam pembuatan Kue Geti ini. Gulaku Tebu Kuning terbuat dari tebu pillihan dengan kualitas terbaik. kita akan mendapatkan aroma caramel alami dari Gula tebu ini sehingga membuat rasa Kue Geti semakin nikmat.
Kue Geti, Makanan Tradisional Yang Bikin Ketagihan
Makanan Tradisional
Untuk membuat makanan tradisional Kue Geti, bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:

- Kacang tanah 1 kg, tanpa kulit ari atau dengan kulit ari
- Gula merah 500 gram
- Gulaku Tebu kuning 500 gram
- Wijen secukupnya disangrai untuk campuran
- Vanili secukupnya
- Air secukupnya
- Wijen secukupnya

Cara membuatnya:
  1. Pertama-tama, sangrai dulu kacang tanah hingga matang, atau berubah warna menjadi coklat keemasan. Angkat dan tumbuk kacang tersebut, tapi jangan sampai terlalu halus.
  2. Langkah selanjutnya, campur gula merah, gula pasir, dan vanili menjadi satu, kemudian tambahkan air secukupnya. Masak atau rebus sambil diaduk-aduk hingga gula larut dan mengental menjadi seperti sirup.
  3. Setelah itu masukkan kacang tanah, ke dalam air gula yang mengental tersebut dan aduk-aduk agar tercampur rata dan mengental.
  4. Masukkan adonan loyang yang telah dialasi dengan kertas minyak, lalu ratakan. Usahakan dalam membentuk geti ini jangan terlalu tebal, agar dalam proses pemotongan pada nantinya lebih mudah.
  5. Potong geti menjadi ukuran yang sesuai selera. Kemudian bungkus dengan plastik kemasan atau pembungkus agar kue geti lebih awet dan tidak melempem karena terkena udara.
  6. Nah, itulah resep Kue Geti yang bisa Anda coba di rumah sebagai persiapan untuk menyambut hari spesial, atau juga sebagai persedian camilan untuk keluarga tercinta.

No comments

Powered by Blogger.