Header Ads

Cara Mengetahui Berat Ideal Kucing, Pemula Wajib Baca!

 


Menjaga berat ideal kucing sejatinya harus Anda lakukan bila sudah memiliki kucing peliharaan di rumah. Karena seperti halnya manusia, kucing yang tidak memiliki berat badan yang ideal, cenderung akan mudah terserang berbagai permasalahan kesehatan. 

Untuk mengetahui berat badan ideal kucing ini sendiri, setidaknya Anda bisa menimbangnya dengan berbagai patokan sebagai berikut. 

  1. Umur 0-6 minggu = berat badannya mencapai 0,35 kg.

  2. Kucing berumur 6-7 minggu = berat badan sekitar 0,35 - 0,7 kg. 

  3. Umur 7-8 minggu = berat badan idealnya sekitar 0,4 - 0,9 kg.

  4. Umur 3 bulan = berat badannya berada diangka 1 - 1,5 kg.

  5. Kucing remaja = mencapai berat badan sekitar 1,5-3,5 kg.

  6. Kucing dewasa = memiliki berat badan sebesar 3,5 – 5,5 kg.

Selain dengan menimbang berat badannya, untuk mengetahui berat ideal kucing ini juga bisa dengan cara melihat dari bentuk tubuhnya. Dan berikut penjelasannya. 



  • Kucing yang Gemuk

Ciri-ciri apabila kucing sudah gemuk adalah bisa dilihat dari tulang rusuknya yang tidak kelihatan lagi. Dan saat Anda mau memegangnya, maka tulang rusuknya tidak akan terasa lagi oleh tangan, sebab terhalang dengan kulitnya yang tebal. 

Kucing yang gemuk juga bisa dilihat pada bagian pundaknya yang seperti tidak ada tulangnya alias nampak lebih tumpul. Pun demikian pada bagian bentuk perutnya akan nampak bulat, seperti sedang hamil. 

  • Kucing Dengan Berat Badan Ideal 

Kucing dengan berat badan ideal bisa dikenali dari tulang belakang dan tulang pundaknya yang masih kelihatan, namun tidak nampak terlalu tajam. Kemudian pada tulang rusuknya pun tidak akan terlalu terlihat, namun pada saat dipegang oleh tangan masih bisa terasa keberadaannya. 

  • Kucing Kurus

Bila Anda menemukan kucing di rumah ada yang tulang rusuknya terlihat sangat jelas, maka bisa dipastikan bahwa kucing tersebut memiliki badan yang kurus. Dan juga pada bagian tulang pundak serta tulang belakangnya juga akan masih bisa terlihat oleh mata telanjang. 

Itulah ulasan sedikit mengenai berat ideal kucing yang harus Anda ketahui. Jangan lupa untuk selalu memberikan makanan kucing yang terbaik seperti dari Royal Canin, agar bisa mendukung si kucing dalam mencapai berat idealnya. 

Semoga bermanfaat!

No comments

Powered by Blogger.