Header Ads

Berita Politik Terbaru Seputar Pemilu

Pagelaran Debat Pilpres 2019 dalam 5 Putaran, berita politik terbaru datang dari Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman mengatakan pihaknya menggelar debat Pilpres 2019 dalam lima putaran. Dilansir dari nasional.sindonews.com bahwa yang akan dihelat mulai Januari hingga April. Debat Pilpres digelar demi memenuhi tuntutan konstitusional sebagaimana diamanahkan UU No 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. emosional, bukan rasional. Debat yang pertama digelar pada 17 Januari 2019 dengan peserta pasangan calon presiden-wakil presiden. Tema yang diangkat adalah persoalan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Debat kedua berlangsung 17 Februari 2019 dengan peserta antar calon presiden dan mengusung tema energi, pangan, SDA, lingkungan hidup, dan infrastruktur. Debat ketiga diselenggarakan 17 Maret 2019 dengan tema kesehatan, pendidikan, sosial, ketenagakerjaan dan kebudayaan, dengan peserta debat merupakan antar calon wakil presiden. Sedangkan debat keempat akan digelar pada tanggal 30 Maret 2019 dengan tema ideologi, pertahanan, pemerintahan, dan keamanan, serta hubungan internasional. Peserta debat ialah antar calon presiden, ungkap Arief Budiman (9/1/2018). Adapun debat yang kelima akan digelar pada tanggal 10 atau 13 April 2019 waktu belum ditentukan dengan tema kesejahteraan sosial, ekonomi, investasi perdagangan, keuangan dan industri.

Peserta debat kelima adalah antar-pasangan calon presiden-wakil presiden. Menurutnya, KPU diketahui bakal menggunakan dua format saat debat pilpres perdana pada 17 Januari di Hotel Bidakara yakni terbuka dan tertutup. Dalam format pernyataan terbuka, KPU mengirimkan pertanyaan untuk para paslon sekitar sepekan sebelum debat dilaksanakan. Adapun pertanyaan sekitar 20, namun cuma tiga di antaranya yang akan diajukan saat debat berlangsung. KPU bersama timses dua paslon menyepakati ada enam segmen dalam debat yang diikuti capres dan cawapres. Nantinya itu segmen pertama pemaparan visi-misi bisa dilakukan dengan durasi 23 menit 15 detik.

Segmen kedua menggali visi-misi hukum dan HAM 15 menit 30 detik.Segmen ketiga pendalaman tentang visi-misi korupsi dan terorisme 15 menit 30 detik. Segmen keempat serta kelima debat dan saling bertanya antar kandidat dengan masing-masing waktunya 13 menit dan segmen keenam closing statement dengan waktu 11 menit 30 detik. Jadi akan berimbang 2 segmen menjawab pertanyaan yang disusun dari para panelis. Kemudian 2 segmen menjawab pertanyaan yang disusun oleh masing-masing paslon," ungkapnya. Demikian sedikit kutipan berita politik terbaru yang bisa kita cari informasinya secara menyeluruh di matamatapolitik.com.

No comments

Powered by Blogger.