Header Ads

Tahapan Perkembangan Otak Anak

perkembangan otak

Otak adalah organ tubuh yang menjadi pusat saraf dan memainkan peran penting pada sistem tubuh. Di dalam otak terdiri dari jaringan saraf dengan jumlah yang sangat besar yang dilindungi oleh tengkorak. Perkembangan otak manusia sudah berlangsung sejak seseorang masih dalam bentuk janin di dalam kandungan. Supaya lebih jelas, yuk simak uraian berikut ini:

Tahap Perkembangan Otak Anak

Tulisan ini membahas tahapan bagaimana otak berkembang pada anak secara komprehensif dari mulai dalam kandungan.

Di Dalam Kandungan

perkembangan otak

Selama berada dalam kandungan, manusia selalu mengalami perkembangan pada organ tubuhnya termasuk otak. Hal ini bertujuan untuk sebagai modal ketika nanti sudah dilahirkan. Sejak minggu ketiga sejak dinyatakan hamil, otak janin mulai berkembang dan terbentuklah struktur saraf pertama yaitu saraf. Kemudian milyaran neuron mulai diproduksi di dalam otak.

Bayi Baru Lahir

Otak bayi yang baru lahir memiliki ukuran 60% dari ukuran otak orang dewasa. Otak bayi baru akan membesar tiga kali lipat pada tiga usia tiga bulan pertama setelah dilahirkan. 

Anak Menginjak Usia 3 Tahun

Pada usia menginjak 3 tahun, anak memiliki ukuran otak 80% dari ukuran otak orang dewasa (dalam hal sel-sel otak dan volume). Tahapan perkembangan otak pada anak 3 tahun sudah mempunyai sinapsis 200% lebih banyak daripada orang dewasa.

Anak Menjelang Usia 5 Tahun

Pada usia ini, otak anak mengalami perkembangan yang sangat penting. Semua pengalaman yang dialami anak secara langsung bisa membantu pembentukan sinapsis. Pada usia ini, apa yang terjadi pada anak akan selalu melekat dan ingat oleh anak.

Pada tahap perkembangan tersebut di atas, anak membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan. Nutrisi tersebut berupa asupan susu pertumbuhan Wyeth Nutrition S-26 Gold. S-26 Gold memiliki dua varian yaitu S-26 Procal Gold yang dikhususkan untuk anak anak usia 1-3 tahun. Sedangkan S-26 Promise Gold yang dikhususkan untuk anak usia 3 tahun ke atas. S-26 Gold diperkaya dengan formula MULTIEXCEL yang mampu mendukung potensi perkembangan organ otak anak.

No comments

Powered by Blogger.