Header Ads

Kriteria Semen Terbaik yang Harus Anda Ketahui


Semen Terbaik
Sebuah bangunan yang kokoh dan tahan lama ditentukan oleh beberapa faktor. Salah satu faktor penting yang menentukan kualitas bangunan adalah material yang digunakan. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh sembarangan saat memilih material yang akan digunakan pada pembangunan. Salah satu material penting yang tidak boleh Anda lupakan adalah semen. Pilihlah semen terbaik dengan mempertimbangkan beberapa kriteria. Langsung saja, berikut ini adalah kriteria yang harus Anda pertimbangkan saat memilih semen:

Tekstur Mudah Terurai


Kriteria pertama yang harus Anda perhatikan ketika memilih semen adalah teksturnya. Semen berkualitas memiliki tekstur yang mudah terurai. Jadi ketika dipegang, semen akan langsung terurai. Apabila semen memiliki gumpalan meskipun kecil maka semen tersebut memiliki kualitas yang kurang baik. Dari segi visual, semen berkualitas tampak lembut.

Warna Abu Kehijauan


Selain tekstur, warna juga menjadi kriteria yang harus Anda perhatikan ketika memilih semen berkualitas. Pada umumnya, semen terbaik memiliki warna abu-abu kehijauan. Hindari semen dengan warna abu-abu gelap dan abu-abu terang. Pasalnya, semen dengan kedua warna tersebut mengandung MgO yang terlalu tinggi sehingga bangunan akan lebih mudah untuk retak.

Kemasan Baik


Semen biasanya dikemas dalam bentuk sak dimana satu sak berisi 40 kilogram atau 50 kilogram. Ketika membelinya, pastikan bahwa kemasan dalam keadaan 100% baik tanpa ada air, sobekan, ataupun tembelan. Pasalnya, kemasan yang rusak dapat mempengaruhi kualitas semen di dalamnya.

Memiliki Logo SNI


Kriteria terakhir yang harus ada pada semen berkualitas adalah logo SNI (Standar Nasional Indonesia) pada kemasannya. Logo ini menunjukkan bahwa semen tersebut telah lolos pengujian baik dari segi kualitas, keamanan, maupun spesifikasinya. Hindarilah semen tanpa logo SNI karena kualitasnya belum terjamin.

Itulah 4 kriteria yang harus Anda perhatikan jika ingin memilih semen untuk pembangunan. Apabila sebuah merek semen memenuhi kriteria tersebut maka semen tersebut memiliki kualitas terbaik. Rekomendasi semen terbaik untuk Anda gunakan pada pembangunan adalah Semen Tiga Roda. Ada cukup banyak jenis semen yang disediakan, diantaranya yaitu duracem, semen putih, semen portland, semen portland komposit, dan mortar. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda lihat langsung di website sementigaroda.com.

No comments

Powered by Blogger.