Header Ads

Ingin Buah Hati Anda Cerdas Secara Emosional

cara melatih kecerdasan emosional anak
Cara melatih kecerdasan emosional anak

Kecerdasan intelektual kini tidak menjadi ukuran mutlak kecerdasan yang dimiliki oleh seorang anak. kini hadir kecerdasan lain yang ternyata sangat mempengaruhi kecerdasan seorang anak, salah satunya adalah kecerdasan emosional. Anak akan berkembang dengan sempurna jika semua kecerdasannya berkembang, sehingga kini banyak dilakukan berbagai cara melatih kecerdasan emosional anak.

Berbagai cara dapat dilakukan untuk melatih kecerdasan emosional anak. kecerdasan yang dominan pada sikap dan perilaku ini tidak dapat dilatihkan secara instan, sehingga dibutuhkan cara melatih kecerdasan emosional anak yang tepat agar anak berkembang sesuai dengan harapan. Berikut beberapa diantaranya.


  • Memperkenalkan berbagai jenis emosi yang ada


Langkah awal yang tepat untuk mengembangkan kecerdasaan emosional anak adalah dengan memperkenalkan berbagai jenis emosi yang bisa dirasakan oleh manusia. Baik emosi yang menyenangkan maupun tidak menyenangkan.

  • Mengenali emosi diri sendiri


Langkah selanjutnya untuk melatih kecerdasan emosional adalah dengan mengajarkan untuk mengenali emosi yang sedang dirasakannya sendiri. Sehingga ia tahu apa yang sedang dia rasakan saat ini. Dan dapat mengungkapkannya dengan benar dan tepat.

  • Mengenali emosi orang lain


Setelah ia bisa mengenali emosi yang dirasakannya sendiri, ajari buah hati Anda mengenali emosi yang sedang dirasakan oleh orang lain. Dengan demikian ia dapat menanggapi emosi orang di sekitarnya dengan tepat. Anda dapat melatih buah hati Anda untuk mengenali emosi ibunya sendiri, kemudian ayah, lalu saudara hingga orang lain di lingkungannya.

  • Merasakan empati


Untuk mengasah kecerdsan emosional, latihlan buah hati Anda agar bisa merasakan empati pada keadaan orang lain. Sehingga ia tidak akan menjadi pribadi yang sombong dan arogan kelak di kemudian hari.

Mengelola Emosi sendiri merupakan cara melatih kecerdasan emosional anak yang lainnya. Bagaimana ia meluapkan emosi diri dengan benar dihadapan orang lain dalam waktu dan tempat yang tepat. Untuk membantu mengoptimalkan perkembangan kecerdasan anak, Anda dapat memberikan susu Dancow sebagai makanan tambahan. Formula dan nutrisi yang tepat dari Dancow sangat diperlukan oleh tubuh anak dalam mengembangkan kecerdasannya.

No comments

Powered by Blogger.