Header Ads

Cara Ganti Oli Mobil Sendiri


Ganti oli mobil
Ganti oli mobil dalam jangka waktu tertentu sangatlah bagus untuk menjaga performa mesin agar selalu dapat digunakan dengan lancar. Banyak komponen dalam mesin kendaraan Anda akan terbantu dengan selalu memperbarui oli secara rutin. Selain iu, mesin juga akan selalu terawat dengan baik dan mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama. rem mobil yang memiliki peranan yang sangat penting pada saat digunakan, juga akan bisa beroperasi dengan sangat baik.

Sifat oli yang sebagai pelumas, akan mampu menjaga komponen-komponen yang berada di dalamnya dari gesekan yang terlalu keras, mencegah mesin cepat aus dan tidak mudah panas. Umumnya ganti oli mobil harus dilakukan minimal tiga bulan sekali, baik membawanya langsung ke bengkel service ataupun melakukannya sendiri.

Jika Anda mempunyai banyak waktu dan ingin menghemat pengeluaran, mengganti oli mobil sendiri tidaklah serumit yang dibayangkan. Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini jika ingin mengganti oli mesin di rumah.
  1. Membuang oli lama
    Hal yang pertama saat Anda ingin mengganti oli mesin mobil adalah membuang terlebih dahulu oli yang lama. Gunakanlah dongkrak untuk mengangkat mobil agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan pastikan rem tangan Anda terpasang. Panaskan terlebih dahulu mesin sekitar lima menit agar oil mengencer dan mudah dibuang. Setelah itu, bukalah penutup oli dan letakan bak atau ember di bawah lubang tersebut. Kemudian biarkan oli mesin keluar hingga tidak ada yang tersisa. Dan jangan lupa untuk mengganti saringan olinya juga
  2. Mengganti oli yang baru
    Setelah semua oli lama terbuang dan salurannya telah ditutup kembali, saatnya Anda untuk mengganti oli dengan yang baru. Pilihlah oli mobil yang sesuai atau yang telah dianjurkan, misalmya seperti Oli Top 1 yang sudah teruji kegunaannya. Anda bisa membaca petunjuk penuangan oli dibuku manual penggunaan mbil. Setelah selesai, Anda bisa menutup lubang oli dan membersihkan setiap tetesan yang tertumpah. Nyalakan mesin dan periksa indikator tekanan oli.
Tidak susah bukan, saat ganti oli mobil sendiri? Jangan lupa untuk membuang oli mesin lama yang telah disimpan dalam tempat tertutup, dan janganlah membuangnya secara sembarangan. Karena oli tersebut merupakan zat kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan. Selamat mencoba!

No comments

Powered by Blogger.