Header Ads

Apa Bedanya Content Production dan Content Marketing? Ini Jawabannya

Konten merupakan bagian terpenting dari strategi pemasaran digital atau digital marketing strategy. Ketika akan melakukan digital marketing dengan bantuan konten, Anda akan menemukan dua istilah yaitu content production atau produksi konten dan content marketing atau pemasaran konten. Namanya memang mirip, namun produksi konten dan pemasaran konten adalah dua hal yang berbeda. Artikel ini akan membahas mengenai perbedaan keduanya.

Pengertian Produksi Konten

Produksi konten merupakan tahap awal yang dilakukan dalam pemasaran digital. Seperti namanya, produksi konten adalah proses menciptakan konten berkualitas untuk dipakai sesuai kebutuhannya. Sebenarnya bukan hanya pemasaran digital saja, tapi untuk kebutuhan-kebutuhan lain juga.

Beberapa konten yang biasanya diproduksi yaitu artikel blog, infografis, podcast, gambar, dan lain sebagainya. Semua konten tersebut harus berkualitas dan bermanfaat bagi audiens. Saat membuat konten, ada beberapa yang perlu dipertimbangkan seperti kualitas dan relevansi, mudah dibaca dan diakses, menghibur tapi memiliki nilai tambah, serta memiliki format yang tepat.

Konten yang berkualitas memberikan banyak dampak bagi sebuah bisnis. Bahkan bisa membantu meningkatkan reputasi dan kepercayaan pelanggan. Nantinya konten akan disebarkan melalui media bisa berupa media sosial atau website perusahaan.

Pengertian Pemasaran Konten

Berbeda dengan produk konten, pemasaran konten adalah proses mempromosikan konten yang sudah diproduksi sebelumnya. Tujuan pemasaran konten yaitu mencapai tujuan pemasaran yang telah dibuat sebelumnya. Contohnya yaitu meningkatkan penjualan, meningkatkan brand awareness, meningkatkan engagement, memperluas jangkauan pasar, dan lain sebagainya.

Pemasaran konten juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Bahkan harus memperhatikan banyak hal agar bisa mencapai target. Adapun yang perlu diperhatikan saat pemasaran konten yaitu dipromosikan di berbagai media, konten harus sesuai dengan target audiens, memenuhi tujuan pemasaran, dan mendukung tujuan bisnis.

Pemasaran konten sangat berpengaruh pada pemasaran digital bisnis. Apalagi konten sekarang menjadi hal yang sangat penting bagi audiens. Konten berkualitas mampu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama. 

Perbedaan Produksi Konten dan Pemasaran Konten

Sebenarnya dari pembahasan di atas sudah bisa ditarik kesimpulan perbedaan antara produksi konten dan pemasaran konten. Namun agar lebih jelas, berikut perbedaannya:


  1. Fokus utama

Perbedaan pertama di antara keduanya yaitu mengenai fokus utama. Produksi konten berfokus pada cara menghasilkan konten berkualitas dan bermanfaat. Sedangkan pemasaran konten fokus pada pencapaian tujuan bisnis dengan melakukan promosi konten. Jadi pemasaran konten tidak memperhatikan bagaimana proses produksi konten dilakukan.

  1. Tujuan

Perbedaan selanjutnya adalah tujuan dilakukannya produksi dan pemasaran konten. Produksi konten bertujuan membangun basis konten yang berkelanjutan. Sedangkan tujuan pemasaran konten yaitu mempromosikan konten dengan mengoptimalkan internet mulai dari media sosial, SEO, atau teknik-teknik lainnya. 

  1. Waktu pembuatan

Proses produksi konten dilakukan sebelum proses promosi konten. Jika produksi tidak berhasil, maka pemasaran juga tidak bisa dilakukan. Keberhasilan produksi konten juga dipengaruhi oleh pemasaran konten yang optimal.

Kesimpulan

Melalui pembahasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa content production atau produksi konten itu berbeda dengan content marketing atau pemasaran konten. Produksi konten adalah proses menciptakan konten, sedangkan pemasaran konten adalah proses menyebarkan atau mempromosikan konten.

Meskipun berbeda, namun keduanya saling terkait. Produksi konten tidak akan memberikan hasil apabila tidak ada pemasaran konten, begitu pula sebaliknya. Jika ingin menjalankan produksi dan pemasaran konten dengan baik, Anda bisa bekerja sama dengan agensi berpengalaman seperti IDEOWORKS. 

Agensi satu ini menyediakan layanan lengkap, termasuk produksi dan pemasaran konten. Langsung saja hubungi tim IDEOWORKS di website resminya, nanti Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu sebelum bekerja sama. 

No comments

Powered by Blogger.